KEGIATAN PENGUATAN KAPASITAS LEMBAGA PENYEDIA LAYANAN PEMBERDAYAAN KELUARGA DI KABUPATEN PARIGI MOUTONG TAHUN 2024

Perempuan dan laki-laki mempunyai kedudukan dan hak yang sama serta hak dan peran yang sama untuk berekspresi dan bekerja dimanapun dia berada dan berhak mendapatkan perlindungan sebagai Warga Negara. Dalam proses pembangunan, keterlibatan masyarakat untuk memiliki peran serta andil dalam pembangunan sangat diperlukan. Perempuan sering mengalami ketidakberuntungan dalam pembangunan. Dikaitkan dengan pelaksanaan pembangunan yang semakin dilandaskan pada kapasitas sumber daya manusia, maka pembinaan sumber daya manusia perempuan sudah menjadi keharusan seiring dengan perkembangan kemajuan secara global. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang Kulitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga melaksanakan kegiatan Penguatan Kapasitas Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Keluarga di Kabupaten Parigi Moutong.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Dr. Zubair, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam sambutanya Kadis berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan dalam upaya mencapai pembangunan yang berkeadilan disamping upaya meningkatkan peningkatan perempuan dalam ekonomi keluarga.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang Lembaga penyedia layanan pemberdayaan keluarga, serta meningkatkan kapasitas/keterampilan peserta dalam pelaksanaan memberi layanan kepada Masyarakat terkait tentang pemberdayaan keluarga, membangun pemahaman kesetaraan gender melalui pelayananan pemberdayaan Perempuan serta memberikan penguatan dan pengembangan layanan kepada peserta, dalam menanggapi persoalan dan melayani yang dihadapi oleh keluarga. Kegiatan tersebut dihadiri oleh PKK Kelurahan dan pengurus kelurahan Kabupaten Parigi Moutong dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang.

Narasumber pada kegiatan ini Moh.Basir,S.Psi,M.Psi, Gunawan Primasatya dan Moh.Taufik,S.Pd. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 s/d 5 Juni 2024 di Kabupaten Parigi Moutong.